Pagelaran Wayang Kulit

901611_4861898340829_1061831069_o

Kapan terakhir kali anda nonton wayang kulit secara live? Kalau saya sekitaran lima belas tahun yang lalu. Pada saat usia-usia sekolah dasar (SD). Tetangga si mbah saya di kampung mengawinkan anak perawannya yang bungsu. Mereka dari keluarga lumayan berada. Nanggap wayang dari dulu sampe sekarang memang sebuah hal yang mewah. Butuh biaya yang tak sedikit.

Di kampung saya, daerah pelosok di Kabupaten Cilacap. Sebuah desa di ujung jalan, yang tidak ada jalan tembus lagi sesudah kampung saya. Dikelilingi bukit-bukit dengan pohon-pohon karet tumbuh sebagai hutan produksi. Ada dua tontonan yang menjadikan prestise bagi keluarga yang mengadakannya, yang satu ketoprak, satunya lagi wayang kulit.

Sebenarnya ada beberapa kesempatan bagi saya untuk menonton wayang kulit lagi setelah lepas dari kampung halaman. Tetapi dereng keleksanan, belum terlaksana.

Beberapa hari lagi Universitas Indonesia akan mengadakan pagelaran wayang kulit. Tepatnya tanggal lima april, bertempat di Balairung Universitas Indonesia. Dalam rangkaian acara bertajuk Wayang Goes To Campus (WGTC), hampir serupa nama dengan Jazz Goes To Campus (JGTC). Untuk rangkaian acara lengkapnya bisa di tilik di laman resmi humas ui.

Pagelaran wayang kulit nantinya akan mengambil lakon Gatotkaca Lair, dengan dalang Ki Purbo Asmoro. Semoga bisa menjadi pengobat rindu dahulu, kala membuat replika wayang dari bilah bambu di bawah panggung.

Bagi kawan yang berminat dan luang waktu, mari datang dan menikmati pagelarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s