1 Juta Buku Untuk Anak Indonesia

171997_1826671434716_1478201194_2009681_7784298_oAdalah buku, salah-satu cara untuk mendidik generasi berikutnya. Menanamkan kepribadian, etos kerjas dan integritas. Kami memanggil siapa saja yang ingin terlibat dalam kampanye pembagian ‘1 juta buku untuk anak-anak Indonesia’. Relawan, donatur, pendukung, penonton, siapa saja yang bermimpi melihat generasi berikutnya yang lebih baik.

Bagaimana kampanye ini bekerja?

Kami akan menjadi ‘perantara’ profesional donasi kalian. Bpk Bambang, misalnya, berniat menyumbangkan 10 buah buku ‘Serial Anak2 Mamak’, maka Bpk Bambang men-transfer ke rekening kami senilai 10 buku tersebut. Kami akan membelikannya buku, memilih salah-satu sekolah (SMP & SMA) di seluruh Indonesia yang akan menerima sumbangan tersebut. Buku itu akan ditandai ‘Sumbangan Bpk Bambang’–atau sesuai permintaan donatur.

Buy One, Get One?

Benar, inilah poin penting dari program ini. Kami akan menggandakan buku sumbangan kalian. Bpk Bambang, misalnya, kami tidak hanya mengirimkan 10 buku ‘Serial Anak2 Mamak’, tapi kami akan mengirimkan 20 buku tersebut. Kami akan melibatkan penerbit, perusahaan sponsor untuk memungkinkan itu terjadi. Termasuk menanggung biaya operasional dan pengiriman buku-buku program ini. Jadi kalian sumbang 1 buku, maka kami tambahkan 1 buku lagi yang sama atas buku tersebut.

Sekolah apa saja yang menjadi sasaran?

Seluruh perpustakaan sekolah di Indonesia, swasta, negeri, terutama sekolah-sekolah yang amat terbatas dana-nya untuk membeli buku (daftar dan alamat sekolah tersedia). Juga termasuk taman bacaan, perpustakaan desa, komunitas, klub baca, organisasi apa saja yang membutuhkan buku. Setiap perpustakaan akan memperoleh 5-10 buku.

Buku apa saja yang bisa disumbangkan?

Donatur bisa memilih sendiri buku yang akan disumbangkan (sementara baru Penerbit Republika, penerbit lain menyusul), atau kami yang akan memilihkannya. Buku2 yang cocok dan menginspirasi anak-anak. Buku2 yang menumbuhkan kepribadian, kerja keras serta integritas. Donatur juga bisa menentukan sendiri akan menyumbang berapa buku. Daftar judul dengan harga buku yang ingin disumbangkan bisa dilihat di toko buku Gramedia, atau untuk memudahkan dalam daftar di website/group fb kami.

Mekanisme Pelaporan?

Semua donatur akan memperoleh laporan di sekolah mana saja buku mereka berada. Kami memastikan semua laporan berjalan transparan dan akuntabel.

Rekrutmen Relawan.Kami butuh banyak relawan untuk menjalankan kampanye ini, dengan spesifikasi sbb:

Relawan kampanye, bisa siapa saja yang tertarik mendukung kampanye ini, tugasnya sederhana, mengajak sebanyak mungkin orang untuk bergabung dalam group ‘1 Juta Buku Untuk Indonesia’, mengirimkan email, message, dsbgnya. Menjadi ujung tombak untuk menarik donasi dari pihak-pihak yang tertarik.

Relawan basecamp, kami butuh tempat sbg basecamp. Terusterang, saat ini sy berdomisili di Bandung, kampanye ini harus dijalankan dari Jakarta (agar biaya kirim buku2 lebih efisien), jadi sy akan sangat menghargai siapa saja yg ingin menyediakan rumah/kantor sebagai basecamp kampanye.

Relawan operasional, kami butuh banyak orang untuk menjalankan oeprasional kampanye. Tugasnya mulai dari menerima transfer dana, mengontak penerbit, menerima kiriman dari penerbit, memilih sekolah-sekolah tujuan, melakukan packing, mengirimkannya lewat kurir, hingga monitor buku tersebut dan memberikan pelaporan pada donatur. Relawan ini juga akan membuat proposal, materi kampanye, bertemu dengan staf CSR perusahaan2 untuk mendapatkan sponsorship dalam skala massif. Pekerjaan ini tidak harus dilakukan setiap hari, dalam prakteknya nanti, bisa dikelola lewat online–kecuali packing, meeting relawan, dll. Hanya saja karena kita baru mulai, maka rekening bank, logo, group fb, website dll pun harus dibuat, dan jadi pekerjaan paling dini untuk relawan operasional.

Karena kampanye ini masih tahap awal, sy tidak tahu akan seberapa besar skalanya, tp sy yakin, kita bisa membagikan 100 buku enam bulan ke depan saja sudah progress yang baik. Bayangkan anak2 kampung sana bisa membaca buku2 yg kalian juga baca. Itu akan memberikan mimpi pada mereka.

Relawan tidak akan memperoleh manfaat/honor/nama/apapun dari proses ‘perantara’, buku-buku itu bahkan hanya dikenali dari donatur-nya saja. Jika kalian berminat bergabung dengan kampanye ini, punya cita-cita yang sama, maka kirimkan message ke akun saya darwis tere-liye, atau mulailah bergabung dengan group fb ‘1 Juta Buku Untuk Anak Indonesia’–group masih sederhana dan untuk keperluan diskusi lebih dahulu.

***notes ini diambil dari sang pencetus, Tere Liye di laman Facebook-nya. Silahkan di Repost sebanyak-banyaknya, jangan lupa untuk bergabung dalam kampanye dan gerakan ini. Terima Kasih.

***gabung juga ke groupnya disini!

4 thoughts on “1 Juta Buku Untuk Anak Indonesia

  1. anis

    salam…
    mas saya mau buka taman baca d daerah rmh saya, adakah kesempatan untuk kami supaya bisa mendapat buku2 tersebut???

    thnx.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s