Muhammadiyah, 1 Abad Mengabdi untuk Negeri

Peringatan Satu Abad Muhammadiyah dimanfaatkan penulis Abdul Munir Mulkan menerbitkan buku berjudul “Meneropong 1 Abad Muhammadiyah”. Peneribatan buku ini bertujuan sebagai acuan atau referensi bagi aktivis Muhammadiyah menambah pengetahuan dan juga mengkritisi perjalanan organisasi Islam tertua di Indonesia ini.

Abdul Munir Mulkan, mengatakan, Selasa (6/7), buku yang dia tulis mengenai perjalanan Muhammadiyah selama satu abad yang telah mengalami berbagai macam tantangan zaman. Menurutnya, buku ini menegaskan peran KH Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah yang menjadi pelopor gerakan tajdid atau gerakan pembaharuan.

Untuk menulis buku ini, Munir mengaku menggunakan dokumen-dokumen tentang Muhammadiyah yang sudah lama dia simpan. Menurut dia, banyak dokumen dan berkas tercecer sehingga dia menyimpannya menjadi dokumen pribadinya. Penulisan sempat terhenti karena beberapa hal dan akhirnya diselesaikan pada tahun 2010.

Lebih jauh Abdul Munir Mulkan mengatakan, buku sebenarnya sudah disiapkan oleh tim penulis buku sejarah Muhammadiyah sejak akan digelarnya Muktamar ke-43 di
Aceh pada 1993. Meski mungkin masih banyak kekurangan, diharapkan buku ini bisa bermanfaat bagi kalangan Muhammadiyah dan masyarakat pada umumnya.

Sumber: http://berita.liputan6.com, picture taken from here!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s