SIM C Sekali Jadi

Ini adalah pengalaman, tips dan trik saya ketika membuat SIM C (Surat Izin Mengemudi bagi pengendara kendaraan sepeda motor) tepatnya di Daan Mogot. Sebelumnya saya sudah pernah punya SIM C, tetapi sudah mati 2 tahun dan data yang ada berbeda dengan KTP saya yang baru. Jadi saya buat baru lagi. Berikut uraian tentang tata cara pembuatan SIM C tanpa calo. (pertama kali buat pake kolektif di kampus). Entah calo entah bukan.

1. PERSIAPAN

Sebelum berangkat, sebaiknya anda sudah mempersiapkan fotocopy KTP minimal 4 lembar, pensil 2B, dan pulpen. Jangan lupa juga siapkan uang tunai (kemarin saya habiskan Rp 155.000). Pelajari tentang tes teori yang akan diberikan (sialhan tanya om gugel). berikut salah satu link dari Polri > http://sim-polri.kompetisiog.com/. Berdoa dan kalo  kata ustadz Yusuf Mansur jangan lupa di sholawatin.

2. TES KESEHATAN

Begitu sampai yang pertama dilakukan adalah mendaftar tes kesehatan (Rp 25.000). Gedungnya ada di sebelah kiri tempat parkir motor pas pertama kali masuk ke area (setelah masjid). Di loket registrasi anda akan di minta fotocopy KTP dan ditanya mau buat SIM apa. Dari loket anda menuju ruangan tes kesehatan yang ada di sebelahnya pas, anda sudah di tunggu sama mba-mba yang jaga di sana. Tes kesehatannya cuma disuruh baca angka/huruf dari jarak tertentu. Yang matanya masih sehat dan nggak buta huruf insyaAllah bisa.

Setelah lulus tes kesehatan maka form kesehatan di bawa ke gedung utama untuk pendaftaran permohonan SIM C

3. BELI FORMULIR

Setelah hasil tes kesehatan didapatkan maka anda harus menuju gedung utama pembuatan SIM. Ketika pertama kali masuk gedung ada akan di sambut oleh bagian informasi pas banget di depan pintu masuk (kalo mau ngobrol-ngobrol dan ngopi2 dulu silahkan… hehhee ^^V). Pembelian formulir di lakukan di loket BRI, letaknya di lorong sebelah kiri dari bagian informasi. Silahkan anda masuk ke BRI dan bilang SIM C Baru. Maka anda akan dimintai uang Rp 100.000 karena telah berucap hal tak senonoh tersebut oleh kasir BRI yang biasanya juga cewe… ^^V. Dibagian ini juga anda akan dimintai fotocopy KTP.

4. ASURANSI (Opsional)

Setelah mendapat bukti bayar silahkan anda ke loket Asuransi untuk bayar Asuransi (Rp 30.000). Bagi anda yang nggak mau bayar Asuransi silahkan di lewatkan bagian ini. Tempatnya ada di sebelah kanan pas dari BRI. Disini anda juga akan dimintai fotocopy KTP.

5. FORMULIR

Tunjukan bukti bayar anda ke loket pengambilan formulir. Letaknya ada di sebelah kanan bagian informasi. Berarti anda harus balik lagi kedepan. Setelah dapat formulir silahkan diisi sewajarnya, jangan berlebihan. Setelah selesai diisi anda harus menukarkan formulir tersebut dengan nomer registrasi tes teori (kalo nggak salah loket 4).

 6. NOMER PENDAFTARAN

Untuk bisa tes teori anda harus menukarkan formulir dengan nomer pendaftaran di loket 4. Dari tempat penukaran formulir anda harus berjalan kembali ke arah BRI dan menyusuri lorong sampe pol dan ketemu pager dan pak polisi. Anda akan diberi nametag “peserta ujian”, yang ini gratis tapi mesti dibalikin ketika keluar. hehehe

Loket 4 berada di lorong sebelah kanan dari anda di beri nametag “peserta ujian”. Di loket tersebut formulir pendaftaran anda akan ditukar dengan nomer pendaftaran. Anda juga akan dimintai fotocopy KTP kembali.

7. UJIAN TEORI

Setelah anda mendapat nomer registrasi/pendaftaran maka silahkan anda menuju ke ruangan 4/5 untuk tes teori. ruangan berada di ujung lorong. Untuk tes teori ini, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu materi tes ujian teori yang bisa anda cari di internet atau lewat link di atas. Hal tersebut sedikit banyak membantu anda ketika mengisi soal ujian teori tersebut. Soal ujian terdiri dari 30 soal pilihan ganda ABC, dan anda dinyatakan lulus jika menjawab dengan benar minimal 18 soal (punya saya kemarin 19/30). Disini anda mengisi soal mengunakan pensil 2B dengan mengarsir kotak jawaban. Waktu menjawab soal 15 menit, bagi anda yang buat langsung 2 SIM maka waktunya 30 menit. Setelah selesai anda mengumpulkan jawaban beserta nomor registrasi anda. Silahkan menunggu hasilnya di loket pengumuman (lupa loket berapa). Kemarin saya cukup lama menunggu di loket ini.

8. PENGUMUMAN UJIAN TEORI

Di loket pengumuman, semua peserta ujian teori akan mendapat giliran pemanggilan. Bagi anda yang menjawab benar minimal 18 soal maka anda dinyatakan lulus dan melanjutkan proses ke ujian praktek. Bagi anda yang nilainya antara 0-17 maka anda diberikan kesempatan mengulang TES TEORI setelah 2 minggu dari tes pertama. Pengulangan tes tidak dipungut biaya lagi. Bagi anda yang gagal tes 3x anda dapat mengambil uang pedaftaran anda melalui prosedur yang di tentukan. Melalui BRI tempat anda membayar dengan di sertai bukti-bukti formulir yang masih ada pada anda.

9. UJIAN PRAKTIK

Jika anda dinyatakan lulus UJIAN TEORI maka anda berlanjut ke UJIAN PRAKTIK. Lokasinya ada persis dibelakan anda ketika anda sedang menanti pengumuman hasil UJIAN TEORI. Anda harus mengambil dan mengisi form yang bisa diambil di loket paling ujung di lokasi ujian praktik. Setelah diisi silahkan serahkan ke petugas lapangan yang menanti dibawah. Kemudian antri menunggu giliran panggil.

UJIAN PRAKTIK terdiri dari 6 bagian (kalo nggak salah inget). Zig-Zag (2 bagian), memutar membentuk angka 8, speed dan pengereman, lintasan lurus, kemudian memutar (huruf U). Setiap bagian anda dilarang jatuh dan menurunkan kaki kecuali di tanda STOP. Ketika STOP kaki yang turun adalah kaki kiri.Pengalaman saya kemarin, cuma disuruh praktik lintasan U saja karena sudah sore (alasan mereka). Jika anda berhasil anda dinyatakan lulus. Formulir UJIAN PRAKTIK anda bawa ke loket 10-11 (kalo tidak salah) yang masih ada dilokasi ujian praktik tersebut untuk di validasi.

Bagi anda yang tidak lulus UJIAN PRAKTIK anda juga diberikan kesempatan untuk mengualang, tetapi saya nggak tau prosedurnya karena minim informasi gak kaya yang ujian teori. Lagian rata-rata kayaknya pada lulus deh di UJIAN PRAKTIK.

 10.FOTO

Setelah di validasi, anda kembali ke gedung utama menuju loket 14 untuk menyerahkan hasil UJIAN PRAKTIK. setelah itu anda akan dipanggil untuk berikutnya sesi foto dan cap jempol. FOTO dan cap jempol dilakukan diruangan sebelah kanan dari loket 14. Ada 2 ruang FOTO dan sebuah ruang perbaikan identitas. Setelah mendapat giliran, anda diminta untuk mengoreksi data diri anda, jika ada yang salah silahkan ke ruang perbaikan identitas. Jika sudah benar maka anda akan melakukan FOTO, cap jempol kanan dan kiri, serta tanda tangan. Setelah semuanya selesai silahkan anda menuju loket 30 untuk antri mengambil SIM anda yang sudah jadi.

Demikian proses pembuatan SIM C yang saya lakukan di Daan Mogot, Semoga informasi ini membantu anda. Terima Kasih.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s